Tugas Pengembangan Kurikulum



Tugas Pengembangan Kurikulum

1.      Sebutkan dan jelaskan 5 buah pengertian kurikulum. Menurut anda pengertian mana yang paling cocok untuk dewasa ini. Jelaskan alasan anda!

Jawab :
a.      Kurikulum yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya jarak yang akan ditempuh maksudnya jarak belajar yang akan ditempuh misalnya jarak belajar SD yang ditempuh 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3 tahun.
b.      Kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan.
c.      Kurikulum secara tradisional adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk kenaikan kelas/untuk mendapatkan ijazah.
d.     Kurikulum menurut Saylor J. Gallen & William . Alexander adalah keseluruhan usaha sekolah untuk mempengaruhi belajar baik berlangsung dikelas, dihalaman maupun diluar kelas.
e.      Menurut Soedijarto kurikulum adalah segala pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan diorganisir oleh para siswa/mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapka bagia suatu lembaga pendidikan.
Menurut saya pengertian yang paling cocok untuk dewasa ini adalah menurut Soedijarto karena semua kegiatan belajar direncanakan dan diorganisir oleh departemen untuk para siswa agar siswanya dapat menguasai materi yang telah diberikan sebab semua mata pelajaran telah direncakan terlebih dahulu.

2.      Uraikan secara singkat tentang hal-hal dibawah ini :
a)      Konsep filsafat pendidikan dan implikasinya dalam pengembangan kurikulum?
Filsafat pendidikan adalah hal yang diyakini dan diharapkan oleh seseorang. Filsafat pendidikan mengandung nilai-nilai / perbuatan seseorang.
Implikasi :
-          Kejelasan filsafat harus jelas
-          Konsisten dengan kenyataan
-          Konsisten dengan pengalaman

b)     Konsep lingkungan dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum?
Lingkungan merupakan suatu sistem yang disebut ekosistem yang meliputi keseluruhan faktor lingkungan yang tertuju pada peningkatan mutu kehidupan diatas bumi ini.
Implikasi :
Dengan adanya keadaan lingkungan para pengajar dapat mengembangkan kurikulum melalui manusia itu sendiri.
c)      Konsep kebutuhan pembangunan dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum?
Tujuan pokok pembangunan adalah untuk menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian manusia dalam rangka meningkatkan kualitas SDM untuk mewujudkan kesejahteraan lahir batin yang lebih selaras, adil dan merata.
Implikasi :
Dengan adanya kebutuhan pembangunan manusia akan bisa mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM. Kurikulum juga bisa dikembangkan melalui pembangunan karena kurikulum masih terkait dengan pembangunan.
d)     Konsep perkembangan IPTEK dan implikasinya terhadap pengembangan kurikulum?
Dukungan IPTEK terhadap pembangunan dimaksudkan untuk memacu pembangunan menuju terwujudnya masyarakat yang mandiri, maju dan sejahtera.
Implikasi :
Perkembangan IPTEK berada dalam keseimbangan dan dinamis dan efektif, dengan pembinaan SDM tertuju pada peningkatan kualitas, selaras dengan nilai-nilai, berpijak pada produktivitas, efisiensi dan efektivitas.

3.      Jelaskan ciri-ciri dan komponen-komponen kurikulum berikut ini :
a.      Tujuan kurikulum
Tujuan yang ingin dicapai sekolah secara keseluruhan. Tujuan tersebut biasanya digambarkan dalam bentuk pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diharapkan dimiliki murid sekolah mereka menyelesaikan seluruh program pendidikan dari sekolah tersebut.
b.      Materi kurikulum (isi dan struktur program)
-          Kebermaknaan (signifikasi) suatu isi/materi diukur dan bagaimana esensi/posisinya dalam kaitan dengan isi materi disiplin ilmu yang lain.
-          Manfaat atau kegunaan : seberapa jauh dukungan yang disumbangkan oleh isi/materi kurikulum bagi operasionalisasi kegiatan kemasyarakatan.
-          Pengembangan manusia mengarah pada nilai-nilai demokratis, nilai sosial/pada pengembangan sosial.
c.      Metode pembelajaran
-          Harus mudah dipahami dan dimengerti
-          Memusatkan pada kompetensi yang relevan
-          Memusatkan pada kepribadiannya dalam mengajar
d.     Organisasi kurikulum
Struktur horizontal
-          Mata pelajaran secara terpisah
-          Kelompok mata pelajaran yang disebut bidang studi
-          Kesatuan program tanpa mengenal mata pelajaran maupun bidang studi
Struktur vertikal
-          Sistem kelas misalnya kelas I, II, III
-          Program tanpa kelas, dimana perpindahan dari suatu tingkat program ke tingkat program berikutnya
-          Kombinasi antara sistem A dan B
e.      Evaluasi kurikulum
Evaluasi ini dimaksudnya sebagai feedback terhadap tujuan, materi, metode dan organisasi dalam rangka membina dan memperkembangkan kurikulum lebih lanjut.

4.      Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dan masing-masing berikan contoh!
a.      Prinsip berorientasi pada tujuan
Tujuan kurikulum merupakan penjabaran dan upaya untuk mencapai tujuan satuan dan jenjang pendidikan tertentu.
Contohnya : Guru dalam mendidik siswanya harus sesuai dengan tujuan kurikulum.
b.      Prinsip relevansi (kesesuaian)
Pengembangan kurikulum yang meliputi tujuan, isi dan sistem penyampaiannya harus relevan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan masyarakat, tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa, serta serasi dengan perkembangan IPTEK.
Contohnya : Guru dalam menyampaikan materi harus sesuai dengan IPTEK yang ada pada dewasa ini, misalnya guru menyampaikan menggunakan LCD.
c.      Prinsip efisiensi dan efektivitas
Pengembangan kurikulum harus mempertimbangkan segi efisien dalam pendayaguna dana, waktu, tenaga dan sumber-sumber yang tersedia agar dapat mencapai hasil yang optimal.
Contohnya : Guru harus lebih kreatif dalam menyampaikan materi, jika didalam sekolah kendala pada kondisi kelas, atau sarana dan prasarana maka guru yang baik menggunakan metode alam sekitar dalam menyampaikan materi.
d.     Prinsip fleksibelitas (keluwesan)
Kurikulum yang luwes mudah disesuaikan, diubah, dilengkapi/dikurangi berdasarkan tuntutan dan keadaan ekosistem dan kemampuan setempat jadi tidak statis/kaku.
Contohnya : Di suatu lembaga pendidikan semua sekolah harus sama kurikulumnya, tidak boleh ada satupun yang berbeda.
e.      Prinsip berkesinambungan
Kurikulum disusun secara berkesinambungan artinya bagian, aspek-aspek, materi dan bahan kajian disusun secara berurutan tidak terlepas-lepas melainkan satu sama lain memiliki hubungan fungsional yang bermakna sesuai dengan jenjang pendidikan, struktur dalam satun pendidikan, tingkat perkembangan siswa.
Contohnya : Guru di dalam menyampaikan materi tidak menyimpang dengan bahan ajar yang sudah disusun, misalnya menjelaskan tentang Ekosistem, guru hanya menjelaskan tentang Ekosistem tidak yang lain.


f.       Prinsip keseimbangan
Penyusunan kurikulum supaya memperhatikan keseimbangan secara proporsional dan fungsional antara berbagai program dan subprogram, antara semua mata ajaran dan antara aspek-aspek perilaku yang ingin dikembangkan.
Contohnya : Guru dalam mengajar menggunakan kurikulum yang mempunyai keseimbangan antara mata ajaran dan pengembangan perilaku terhadap siswa.
g.      Prinsip keterpaduan
Keterpaduan diharapkan dapat membentuk pribadi yang bulat dan utuh. Keterpaduan juga dilaksanakan dalam proses pembelajaran, baik dalam interaksi antara siswa dan guru maupun antara teori dan praktik.
Contohnya : Guru menjelaskan materi ajar terjadi umpan balik (feedback) terhadap siswa dan guru. Atau guru menyampaikan teori tentang bermain bola yang baik, dan praktik yang akan diajarkan adalah bermain bola yang baik.
h.      Prinsip mutu
Pendidikan yang bermutu ditentukan oleh derajat/mutu guru, kegiatan belajar, mengajar, peralatan/media yang bermutu hasil pendidikan yang bermutu diukur berdasarkan kriteria tujuan pendidikan nasional yang diharapkan.
Contoh : Guru yang mempunyai mutu yang berkualitas, mempunyai media, tujuan yang bermutu dan hasil yang bermutu dalam memberi materi kepada siswa dan siswa lulus dalam penyampaian materi yang diajarkan.

5.      Kritik dan saran apa saja yang dapat anda berikan sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum dewasa ini?
Pelaksanaan kurikulum pada saat ini sudah cukup baik dalam penyampaian, materi dan cara kerja kurikulum. Karena kurikulum disini bukan hanya guru yang berperan aktif dalam proses pembelajaran tetapi siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan guru hanya menjadi penengah sehingga dapat menciptakan siswa yang berkualitas dan bermutu dalam dunia pendidikan.
Saran :
Pelaksanaan kurikulum pada saat ini lebih ditingkatkan lagi keefisienannya, agar mutu dan siswanya berkualitas.
Previous
Next Post »