Makalah Pengaruh Hindu, Budha terhadap kebudayaan di Indonesia

Pengaruh Hindu Budha


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.       Latar Belakang
Pembelajaran IPS di sekolah belum berupaya melaksanakan dan membiasakan pengalaman nilai-nilai kehidupan demokratis, social kemasyarakatan dengan melibatkan siswa dan komunitas sekolah dalam berbagai aktifitas kelas dan sekolah. Selain itu dalam pembelajaran IPS lebih menekankan pada aspek pengetahuan, fakta dan kkonsep-konsep yang bersifat hafalan belaka. Inilah yang dituding sebagai kelemahan atau masalah yang menyebabkan kegagalan pelajaran IPS di sekolah di Indonesia.
Sedangkan Proseslah yang sangat penting alam pembelajaran IPS itu. Karena dengan proses peserta didik diharapkan memperoleh pengetauhuan, pengalaman-pengalaman dalam menggunakan pengetahuan tersebut dalam kehidupan demokratis, termasuk mempraktekkan berpikir dan pemecahan masalah. Dalam pembahasan ini sebelum kita berbicara mengenai Ilmu Sejarah ada baiknya kita melihat dulu bagai mana Ilmu dan Sejarah itu berkembang. Pada mulanya ilmu yang dikembangkan manusia hanya satu yaitu filsafat dimana manusia mengalami suatu persoalan hidup dimana manusia merasa heran, sangsi dan sadar akan keterbatasannya sebagai manusia. Hal ini akhirnya mendorong manusia untuk berpikir secara ilmiah (Filsafat). Setelah manusia berfilsafat ternyata masalah yang dihadapinya semakin rumit dan kompleks sehingga tidak bisa dijawab dengan cara filsafat.
Masuk dan Berkembangnya Agama Hindu dan Buddha di Indonesia Ikut sertanya Indonesia dalam perdagangan Internasional mengakibatkan berbagai pengaruh asing masuk ke nusantara. Salah satunya adalah agama hindu dan buddha yang besar  pengaruhnya diberbagai bidang. Sejak abad pertama masehi bangsa Indonesia sudah menjalin hubungan dagang dengan India. Selain emas, bangsa India juga memerlukan barang-barang lain, seperti kayu cendana, cengkeh dan lada. Dari India, para pedagang membawa hasil negerinya yang diperlukan di Indonesia, seperti wangi-wangian, gading gajah, permadani, dan permata. Sebelum bangsa Indonesia berhubungan dengan bangsa India, bangsa Indonesi telah memiliki kebudayaan asli dari zaman prasejarah.

1.2.       Rumusan Masalah
1.      Bagaimana perkembangan agama hindu-budha di indonesia?
2.      Bagaimana pengaruh agama hindu-buddha di indonesia?
3.      Bagaimana berkembangnya kerajaan-kerajaan hindu-buddha di indonesia?

1.3.       Tujuan
1.      Mengetahui perkembangan agama hindu-budha di indonesia.
2.      Mengetahui pengaruh agama hindu-buddha di indonesia.
3.      Mengetahui berkembangnya kerajaan-kerajaan hindu-buddha di indonesia.

Previous
Next Post »