Makalah Pengaruh hindu budha penutup

Pengaruh Hindu Budha


BAB III
PENUTUP


1.1.       KESIMPULAN
Interaksi bangsa Indonesia dengan bangsa India menghasilkan kebudayaan yang monumental. Gugusan candi Gedong Sanga terlihat anggun di jajaran pegunungan Ungaran. Candi tersebut dibangun pada masa awal kedatangan pengaruh Hindu di Indonesia. Selain bangunan candi, di berbagai daerah juga ditemukan peninggalan sejarah yang lain. Pengaruh India lain yang masuk Indonesia adalah Buddha. Seperti halnya Hindu, pengaruh Buddha juga meninggalkan beragam bentuk peninggalan sejarah. Penyebaran Budaya Hindu-Budha di Indonesia telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan di Indonesia. Budaya di Indonesia berakulturasi dengan budaya Hindu-Budha sehingga mengenal berbagai hal seperti kesustraan, seni bangunan, bahasa, wayang, maupun agama Hindu-Budha Budaya Indonesia sebelumnya pada waktu itu pun mulai berasimilasi dan mengarah ke  pengaruh budaya Hindu-Budha yang masuk pada waktu itu. Sehingga Indonesia mejadi mengenal bermacam budaya yang tentunya membawa dampak yang menguntungkan dan  berguna bagi amsayarakat Indonesia. Hingga sekarang pun budaya-budaya tersebut masih tetap lestari di Indonesia walaupun sedikit berubah pemikirannya yang dipengaruhi oleh perkembangan zaman.


1.2.       SARAN
Dalam pembuatan makalah ini tentunya kami sangat menyadari bahwasannya masih terdapat banyak kesalahan. Untuk itu, kami sebagai penulis meminta saran yang membangun dari para pembaca sekalian guna memotivasi kami untuk lebih baik lagi dalam penyusunan makalah yaang akan datang.
Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih banyak atas perhatian saudara-saudara sekalian yang telah menyempatkan waktunya untuk membaca makalah kami ini. Semoga makalah kami ini bermanfaat gunaa menambah pengetahuan.
Previous
Next Post »