Tugas
Pengembangan Kurikulum
1. Sebutkan dan jelaskan 5 buah pengertian
kurikulum. Menurut anda pengertian mana yang paling cocok untuk dewasa ini.
Jelaskan alasan anda!
Jawab :
a. Kurikulum yang berasal dari bahasa Yunani
yang artinya jarak yang akan ditempuh maksudnya jarak belajar yang akan
ditempuh misalnya jarak belajar SD yang ditempuh 6 tahun, SMP 3 tahun dan SMA 3
tahun.
b. Kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang
harus ditempuh oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan.
c. Kurikulum secara tradisional adalah
sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk kenaikan
kelas/untuk mendapatkan ijazah.
d. Kurikulum menurut Saylor J. Gallen &
William . Alexander adalah keseluruhan usaha sekolah untuk mempengaruhi belajar
baik berlangsung dikelas, dihalaman maupun diluar kelas.
e. Menurut Soedijarto kurikulum adalah segala
pengalaman dan kegiatan belajar yang direncanakan dan diorganisir oleh para
siswa/mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapka bagia
suatu lembaga pendidikan.
Menurut saya pengertian yang
paling cocok untuk dewasa ini adalah menurut Soedijarto karena semua kegiatan
belajar direncanakan dan diorganisir oleh departemen untuk para siswa agar
siswanya dapat menguasai materi yang telah diberikan sebab semua mata pelajaran
telah direncakan terlebih dahulu.
2. Uraikan secara singkat tentang hal-hal
dibawah ini :
a) Konsep filsafat pendidikan dan
implikasinya dalam pengembangan kurikulum?
Filsafat pendidikan adalah hal
yang diyakini dan diharapkan oleh seseorang. Filsafat pendidikan mengandung
nilai-nilai / perbuatan seseorang.
Implikasi :
-
Kejelasan
filsafat harus jelas
-
Konsisten
dengan kenyataan
-
Konsisten
dengan pengalaman
b) Konsep lingkungan dan implikasinya
terhadap pengembangan kurikulum?
Lingkungan merupakan suatu sistem
yang disebut ekosistem yang meliputi keseluruhan faktor lingkungan yang tertuju
pada peningkatan mutu kehidupan diatas bumi ini.
Implikasi :
Dengan adanya keadaan
lingkungan para pengajar dapat mengembangkan kurikulum melalui manusia itu
sendiri.
c) Konsep kebutuhan pembangunan dan
implikasinya terhadap pengembangan kurikulum?
Tujuan pokok pembangunan
adalah untuk menumbuhkan sikap dan tekad kemandirian manusia dalam rangka
meningkatkan kualitas SDM untuk mewujudkan kesejahteraan lahir batin yang lebih
selaras, adil dan merata.
Implikasi :
Dengan adanya kebutuhan
pembangunan manusia akan bisa mandiri sehingga dapat meningkatkan kualitas SDM.
Kurikulum juga bisa dikembangkan melalui pembangunan karena kurikulum masih
terkait dengan pembangunan.
d) Konsep perkembangan IPTEK dan implikasinya
terhadap pengembangan kurikulum?
Dukungan IPTEK terhadap
pembangunan dimaksudkan untuk memacu pembangunan menuju terwujudnya masyarakat
yang mandiri, maju dan sejahtera.
Implikasi :
Perkembangan IPTEK berada
dalam keseimbangan dan dinamis dan efektif, dengan pembinaan SDM tertuju pada
peningkatan kualitas, selaras dengan nilai-nilai, berpijak pada produktivitas,
efisiensi dan efektivitas.
3. Jelaskan ciri-ciri dan komponen-komponen
kurikulum berikut ini :
a. Tujuan kurikulum
Tujuan yang ingin dicapai
sekolah secara keseluruhan. Tujuan tersebut biasanya digambarkan dalam bentuk
pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diharapkan dimiliki murid sekolah
mereka menyelesaikan seluruh program pendidikan dari sekolah tersebut.
b. Materi kurikulum (isi dan struktur
program)
-
Kebermaknaan
(signifikasi) suatu isi/materi diukur dan bagaimana esensi/posisinya dalam
kaitan dengan isi materi disiplin ilmu yang lain.
-
Manfaat
atau kegunaan : seberapa jauh dukungan yang disumbangkan oleh isi/materi kurikulum
bagi operasionalisasi kegiatan kemasyarakatan.
-
Pengembangan
manusia mengarah pada nilai-nilai demokratis, nilai sosial/pada pengembangan
sosial.
c. Metode pembelajaran
-
Harus
mudah dipahami dan dimengerti
-
Memusatkan
pada kompetensi yang relevan
-
Memusatkan
pada kepribadiannya dalam mengajar
d. Organisasi kurikulum
Struktur horizontal
-
Mata
pelajaran secara terpisah
-
Kelompok
mata pelajaran yang disebut bidang studi
-
Kesatuan
program tanpa mengenal mata pelajaran maupun bidang studi
Struktur vertikal
-
Sistem
kelas misalnya kelas I, II, III
-
Program
tanpa kelas, dimana perpindahan dari suatu tingkat program ke tingkat program
berikutnya
-
Kombinasi
antara sistem A dan B
e. Evaluasi kurikulum
Evaluasi ini dimaksudnya
sebagai feedback terhadap tujuan, materi, metode dan organisasi dalam rangka
membina dan memperkembangkan kurikulum lebih lanjut.
4. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum dan masing-masing berikan contoh!
a. Prinsip berorientasi pada tujuan
Tujuan kurikulum merupakan
penjabaran dan upaya untuk mencapai tujuan satuan dan jenjang pendidikan
tertentu.
Contohnya : Guru dalam
mendidik siswanya harus sesuai dengan tujuan kurikulum.
b. Prinsip relevansi (kesesuaian)
Pengembangan kurikulum yang
meliputi tujuan, isi dan sistem penyampaiannya harus relevan sesuai dengan
kebutuhan dan keadaan masyarakat, tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa,
serta serasi dengan perkembangan IPTEK.
Contohnya : Guru dalam
menyampaikan materi harus sesuai dengan IPTEK yang ada pada dewasa ini,
misalnya guru menyampaikan menggunakan LCD.
c. Prinsip efisiensi dan efektivitas
Pengembangan kurikulum harus
mempertimbangkan segi efisien dalam pendayaguna dana, waktu, tenaga dan
sumber-sumber yang tersedia agar dapat mencapai hasil yang optimal.
Contohnya : Guru harus lebih
kreatif dalam menyampaikan materi, jika didalam sekolah kendala pada kondisi
kelas, atau sarana dan prasarana maka guru yang baik menggunakan metode alam
sekitar dalam menyampaikan materi.
d. Prinsip fleksibelitas (keluwesan)
Kurikulum yang luwes mudah
disesuaikan, diubah, dilengkapi/dikurangi berdasarkan tuntutan dan keadaan
ekosistem dan kemampuan setempat jadi tidak statis/kaku.
Contohnya : Di suatu lembaga
pendidikan semua sekolah harus sama kurikulumnya, tidak boleh ada satupun yang
berbeda.
e. Prinsip berkesinambungan
Kurikulum disusun secara
berkesinambungan artinya bagian, aspek-aspek, materi dan bahan kajian disusun
secara berurutan tidak terlepas-lepas melainkan satu sama lain memiliki
hubungan fungsional yang bermakna sesuai dengan jenjang pendidikan, struktur dalam
satun pendidikan, tingkat perkembangan siswa.
Contohnya : Guru di dalam
menyampaikan materi tidak menyimpang dengan bahan ajar yang sudah disusun,
misalnya menjelaskan tentang Ekosistem, guru hanya menjelaskan tentang
Ekosistem tidak yang lain.
f. Prinsip keseimbangan
Penyusunan kurikulum supaya
memperhatikan keseimbangan secara proporsional dan fungsional antara berbagai
program dan subprogram, antara semua mata ajaran dan antara aspek-aspek
perilaku yang ingin dikembangkan.
Contohnya : Guru dalam mengajar
menggunakan kurikulum yang mempunyai keseimbangan antara mata ajaran dan
pengembangan perilaku terhadap siswa.
g. Prinsip keterpaduan
Keterpaduan diharapkan dapat
membentuk pribadi yang bulat dan utuh. Keterpaduan juga dilaksanakan dalam
proses pembelajaran, baik dalam interaksi antara siswa dan guru maupun antara
teori dan praktik.
Contohnya : Guru menjelaskan
materi ajar terjadi umpan balik (feedback) terhadap siswa dan guru. Atau guru
menyampaikan teori tentang bermain bola yang baik, dan praktik yang akan
diajarkan adalah bermain bola yang baik.
h. Prinsip mutu
Pendidikan yang bermutu
ditentukan oleh derajat/mutu guru, kegiatan belajar, mengajar, peralatan/media
yang bermutu hasil pendidikan yang bermutu diukur berdasarkan kriteria tujuan
pendidikan nasional yang diharapkan.
Contoh : Guru yang mempunyai
mutu yang berkualitas, mempunyai media, tujuan yang bermutu dan hasil yang
bermutu dalam memberi materi kepada siswa dan siswa lulus dalam penyampaian
materi yang diajarkan.
5. Kritik dan saran apa saja yang dapat anda
berikan sehubungan dengan pelaksanaan kurikulum dewasa ini?
Pelaksanaan kurikulum pada
saat ini sudah cukup baik dalam penyampaian, materi dan cara kerja kurikulum.
Karena kurikulum disini bukan hanya guru yang berperan aktif dalam proses
pembelajaran tetapi siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan
guru hanya menjadi penengah sehingga dapat menciptakan siswa yang berkualitas
dan bermutu dalam dunia pendidikan.
Saran :
Pelaksanaan kurikulum pada
saat ini lebih ditingkatkan lagi keefisienannya, agar mutu dan siswanya
berkualitas.
ConversionConversion EmoticonEmoticon